Selasa, 10 Januari 2017

#UPERP8UAS04 (Contoh Transaksi ERP dan Analisa ERP nya)

Baiklah...langsung aja dah...

Tugas UAS No. 4 adalah memberikan Contoh transaksi penjualan, service, pembelian dan lain sebagainya yang menggunakan ERP.
Disini transaksi yang kugunakan adalah transaksi dari bukti pembayaran pembelian di INDOMARET dan akan coba ku analisa sisi ERP yang ada.


Sesuai urutan nomor yang telah ditandai dan bagian yang dikotaki warna merah pada foto struk belanja dibawah ini, akan coba kujelaskan.



1. Nama Minimarket >> "INDOMARET" menunjukan identitas nama toko dan dengan identitas nama kepemilikan usaha dari minimarket tersebut ada disampingnya dengan nama PT. INDOMARCO PRISMATAMA beserta alamatnya. 
Termasuk dalam bisnis proses Modul CRM / Marketing dan Sales.

2. Alamat Minimarket dan Nomor telepon >> Cipinang Jaya / 007  857425. Jl. Cipinang Jaya D / 71, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur.
Termasuk dalam Modul CRM / Marketing dan Sales.

3. 09.01.17 - 12.45 >> merupakan tanggal dan jam transaksi pembelian seluruh item transaksi secara real time ketika struk ini di cetak, sehingga setiap transaksi yang terjadi di Minimarket ini dapat termonitor oleh pihak manajemen toko.
Termasuk dalam bisnis proses Modul Purchase.

4. Identitas Karyawan / keterangan Shift yang melaksanakan transaksi >> 9493026 / DEPTA / 04
Termasuk dalam Modul Setting / Admin.

5. Nama item atau barang beserta jumlah dan harganya.
Termasuk bisnis proses Modul Purchase dan Accounting & Finance

6. Harga jual dan total harga yang harus dibayarkan customer.
Termasuk bisnis proses Modul Purchase dan Modul Accounting & Finance.

7. Voucher >> menandakan jenis pembayaran yang menggunakan kupon yang telah diverifikasi dan terdaftar dengan jumah nilai tertentu.
Termasuk bisnis proses Modul CRM / Marketing dan Sales.

8. Tunai >> menunjukan informasi jumlah pembayaran customer kepada toko dengan menggunakan nilai mata uang.
Termasuk bisnis proses Modul Purchase.

9. PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan DPP (Dasar Pengenaan Pajak) >> adalah pajak yang harus dibayarkan oleh customer.
Termasuk bisnis proses Modul CRM / Marketing dan Sales.

10. Jumlah Voucher yang digunakan dengan nomor Voucher nya beserta masa waktu dari voucher tersebut (expired date).
Termasuk bisnis proses Modul Purchase dan Accounting & Finance

11. Informasi TERIMA KASIH, SELAMAT BERBELANJA KEMBALI dan LAYANAN KONSUMEN INDOMARET >> menunjukan ucapan terima kasih dari pihak Minimarket kepada customer dan adanya layanan konsumen seperti nomor telepon dan e-mail yang dapat dihubungi.
Termasuk bisnis proses Modul Purchase dan Accounting & Finance


Dan berikut hasil analisa dari sisi ERP yang dapat diperoleh :

  1. Tidak terdapat unit Currency (unit mata uang) seperti IDR (rupiah).
  2. Tidak terdapat Nomor NPWP perusahannya.
  3. Tidak terdapat nomor struk pembelian.

Kesimpulannya : 
Proses bisnis Minimarket Indomaret dari sisi ERP sudah cukup baik meski masih ada kekurangan sedikit dibeberapa segi proses bisnisnya (seperti 3 poin hasil analisa diatas).

Cukup sekian hasil analisa terhadap struk transaksi pembelian barang di Indomaret.
Semoga bermanfaat.


Salam dan #tetaptersenyum
Arthur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar