Kamis, 13 Oktober 2016

#UPERP8T04F ( Register ke Komunitas Odoo Indonesia / KOIN )

Hallooo kerabatku sekalian,
Piye kabare ? Apik-apik yooo... ojo lali #tetaptersenyum  :)

Baiklah, ini sebenarnya adalah tugas terakhirku pada Tugas ERP ke-4 yaitu #UPERP8T04F - Register ke Komunitas Odoo Indonesia ( KOIN ) dan mereview sedikit isi dalemannya.

Karena aku masih belum bisa menyelesaikan Tugas ke-4D ( #UPERP8T04D >> Membuat e-book dengan aplikasi Gitbook ) dan Tugas ke-4E ( #UPERP8T04E >> Data Demo Odoo ) , karena aku masih bermasalah dengan penggunaan Aplikasi Odoo versi 8.0 yang harus diistall pada laptop / PC oleh pak dosen. Dan memang sampai sekarang masalah yang kuhadapi masih juga belum terselesaikan (aplikasi Odoo versi 8.0 yang aku install belum bisa digunakan). Mungkin para kerabatku dan pembaca sekalian bisa membantu memberikan masukan dan solusi untuk masalah yang kuhadapi mengenai instalasi dan penggunaan Odoo versi 8.0 pada Operating System Windows 10 Pro  milikku... silahkan berikan komentarnya dan terima kasih sebelumnya yak untuk masukan dan solusi yang akan diberikan...

Seperti kendala dan masalah yang pernah kusampaikan sebelumnya pada postingan ( Tugas ke-3A >>  #UPERPT03A Cara Install Odoo 8.0 ) jadi aku belum bisa menyelesaikan Tugas ke-4D dan ke-4E tersebut diatas, karena tugas tersebut sepertinya memerlukan aplikasi Odoo untuk menyelesaikannya.
Oleh sebab itu aku mohon izin yak... Tugas ke-4F ini duluan yang aku kerjakan dan posting di blog KingArthur3739 ini daripada ga sama sekali kan nantinya... hehehehe...
Mohon maap pak Agung, Ga apa-apa dah yak pak...yang penting bisa #tetaptersenyum :)


Okelah, langsung aja kita mulai yak...

Apa sik Odoo Indonesia itu ???
Web ini adalah media komunikasi dan dokumentasi diskusi-diskusi tentang Odoo Open-source ERP (dahulu bernama TinyERP dan OpenERP), baik secara fungsional, maupun technical.

Nah apa itu KOIN ??? 
Komunitas Odoo Indonesia, atau KOIN, adalah sebuah organisasi nirlaba yang memiliki misi  untuk mengembangkan serta memperluas penggunaan odoo sebagai pilihan terbaik dalam solusi  pengembangan bisnis yang tersistemisasi dan terintegrasi.  

Demikian tadi sekilas kita mengetahui apa itu KOIN, untuk lebih detailnya para kerabatku sekalian dapat mengetahuinya sendiri bila sudah ikut bergabung di KOIN.

Sekarang mari kita mulai untuk meregistrasi dan Join ke KOIN.



Tahapan Registrasi dan Join ke  Komunitas Odoo Indonesia ( KOIN ) :


1. Kita mulai buka browser pada laptop / PC atau pada smartphone kita dan lalu ketikkan linknya http://odoo.or.id/

2. Setelah kita dapatkan linknya seperti yang dilingkari merah pada gambar diatas, lalu kita klik link tersebut dan kita akan langsung dibawa ke halaman web Komunitas Odoo Indonesia ( KOIN ) , seperti gambar dibawah ini.
setelah kita berada pada halaman diatas, kita terlebih dahulu harus sign in ( klik sign in ) dan kita akan dibawa ke halaman berikutnya untuk mengikuti instruksi selanjutnya.

3. Kita akan diminta untuk Log in atau Sign in / Sign up terlebih dahulu seperti tampilan dibawah ini.
Kita bisa masuk dengan membuat akun baru ataupun Log in with Google account kita yang sudah ada.

4. Untuk saat ini aku akan masuk dengan Log in with Google.

5. Setelah langkah keempat, lalu aku dibawa kehalaman berikutnya.

6. Selanjutnya klik Next pada tahapan no. 5 diatas dan kita akan diminta memasukkan password akun email kita, seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya klik sign in dan kita akan langsung dibawa kehalaman berikutnya.

CATATAN :
Tampilan diatas ( tahap no. 5 dan no. 6 ) bilamana kita belum sama sekali masuk / sign in di browser dengan menggunakan akun gmail kita.

Tapi bilamana kita sudah dalam keadaan online / telah sign in kedalam browser dengan akun google kita, maka tampilannya akan langsung mengarah untuk menerima izin akses yang diminta, seperti gambar dibawah ini.

7. Selanjutnya setelah tahapan no. 5 dan no. 6 telah kita lakukan, lalu kita akan masuk dan melihat tampilan Portal Komunitas Odoo Indonesia

Sampai disini kita belum selesai untuk tervalidasi dalam Komunitas Odoo Indonesia , kita masih harus verifikasi lagi e-mail kita.



Okesip... mari kita mulai verifikasi dan validasi e-mail kita untuk dapat berpatisipasi didalam Forum.

1. Dari tampilan diatas ( tahap no. 7 ) kita klik website ( samping portal ) dan kita akan dibawa kembali ke halaman Home dari Komunitas Odoo Indonesia

Bisa kita lihat tampilan gambar diatas ( setelah sign in ) dan kita bedakan dengan gambar pada tahap no. 2 ( sebelum sign in pada tahapan registrasi diatas ).

2. Dan selanjutnya kita mulai dengan membuka Forum dan melihat ada beberapa Topik didalamnya seperti Lounge, Technical, Functional dan Infrastructure.

3. Lalu aku coba klik Lounge dan disini baru kita diminta memverifikasi akun e-mail kita untuk ikut berpatisipasi dalam forum, seperti gambar dibawah.

4. Setelah kita klik link yang diarahkan seperti yang dilingkari warna merah pada gambar diatas, lalu kita check akun e-mail kita yang terdaftar untuk masuk dan lanjut dengan memverifikasinya, seperti gambar dibawah ini.

5. Setelah kita verifikasi akun kita, seperti gambar diatas maka kita dapat melihat bahwa e-mail kita telah  tervalidasi untuk bisa berpatisipasi didalam Forum Komunitas Odoo Indonesia , seperti keterangan pada gambar dibawah yang dilingkari warna merah.

6. Selesai sudah proses verifikasi dan validasi e-mail kita untuk dapat berpatisipasi kedalam Forum Komunitas Odoo Indonesia


Dan untuk selanjutnya, apa saja yang dapat kita lihat dan ulas pada website ini ???
Mari coba kita telusuri isinya.

1. About. Ada beberapa yang dapat kita lihat didalamnya, seperti gambar dibawah.
Ada Our Profile, Structure, Meet The Experts, Rencana Kerja dan AD / ART.

   1.A. Pada Our Profile, aku tidak bisa melihat ada apa didalamnya.

   1.B. Lalu kulanjutkan untuk melihat Structure.

Dapat kita lihat pada gambar diatas, susunan Struktur Organisasi KOIN

   1.C. Selanjutnya Meet The Experts.
Kita dapat melihat dan temui Fungsi-fungsi yang ada, seperti terlihat pada gambar diatas. Ada beberapa fungsi-fungsi kerja untuk setiap jabatan dan posisi dalam Team.

   1.D. Rencana Kerja.
Disini kita bisa melihat agenda kerja KOIN ( KOIN Pusat, Daerah dan KOIN Regional ).

   1.E. AD / ART.
Disini tidak ada yang bisa aku jumpai mengenai AD / ART KOIN.

2. Selanjutnya kita beralih ke Odoo at The Glance.
Ada banyak yang dapat dilihat disini dari Introduction, Sales Apps, Operation Apps, Productivity Apps, Websites Aps, Pricing dan Tour. Tapi sayang, semuanya tidak dapat ditampilkan.

Baiklah, kulanjutkan saja yak...

3. Forum.
 Seperti kita lihat pada tahap awal verifikasi dan validasi e-mail kita, dapat dilihat ada beberapa Forum yang dapat kita ikut dalam berpatisipasi memberikan pertanyaan, masukan, saran dan ide disana mengenai Lounge, Technical, Functional dan Infrastructure. Tapi ingat sebeluim kita berpartisipasi kita harus terlebih dahulu memverifikasi dan memvalidasi e-mail kita ( lihat tahapan register diatas ).

4. Event.
Ada 2 event disini dapat kita lihat, dari Old Event dan Next Event ( seperti gambar diatas ).

5. Blog.
Kita dapat melihat Blog KOIN.

6. Slides.
Ada beberapa Channel dapat kita lihat pada bagian Slides ini, seperti gambar diatas. Para kerabatku bisa mencobanya sendiri yak...

7. Docs.
sayang kosong brooo... hehehehe... Jadi kita lewatin aja yak...

8. Contact Us.
Halaman ini berisikan form untuk kita dapat menghubungi admin dari website ini mengenai apasaja yang berkaitan dengan Odoo tentunya yak...

OKESIP... selesai dulu yak...
Selebihnya para kerabatku sekalian dapat mencobanya sendiri ditempat dimanapun anda berada, tentunya dengan fasilitas internet yang memadai yak... hehehehe...

Salam dan #tetaptersenyum
Arthur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar