Sabtu, 29 Oktober 2016

#UPERP8UTS02A (Review dan Menjelaskan Flowchart Alur Bisnis Proses Perusahaan Kelompok)

OKESIP... sekarang mari kita kerjakan UTS no. 2A.

Disini para Mahasiswa diminta untuk me-review dan menjelaskan Flowchart Alur Bisnis Proses Perusahaan Kelompok sebelum kami. Adapun link Blog Kelompoknya sudah disertakan oleh pak dosen saat pemberian tugas untuk UTS ini yang harus kita download melalui Google Drive.
https://drive.google.com/file/d/0B5vW3h6JRY1BMXdaakRLTzhGVDg/view?usp=sharing


Baiklah begini hasil yang saya dapat sampaikan pada postingan kali ini :

Blog Kelompok yang akan aku review dan jelaskan adalah http://manja-uperp20141.blogspot.co.id/

Blog ini berisikan tentang Perusahaan (fiktif) suatu Kelompok Belajar ERP di Universitas Pancasila jurusan Teknik Industri.

Adapun nama Perusahaan (fiktif) tersebut adalah PT. Macan Jaya.
PT. Macan Jaya adalah perusahaan yang bergerak dibidang Retail Elektronika, yang berpusat di wilayah Jakarta Utara.

Berikut Alur Bisnis Proses PT. Macan Jaya - Retail :


Dapat kita lihat dari Main Bisnisnya PT. Macan Jaya - Retail memiliki berbagai unsur pendukung didalam Proses Bisnisnya.
Pada alur Bisnis Prosesnya PT. Macan Jaya - Retail memiliki alur bisnis sebagai berikut :
Target Tahunan >> Purchase Demand >> Purchase Good (Pembelian Barang) >> Inventory Goods in WMS >> Supply to Shop (Pengiriman ke Toko) >> Inventory in Shop >> Penjualan in Shop (Penjualan di Toko secara langsung ke konsumen).

Bisnis Utama atau Main Bisnis PT. Macan Jaya - Retail tidak luput dari keterlibatan Supporting Bisnis Process yang mana berperan sebagai penunjang keberhasilan Bisnis Utama.

Pada gambar Bisnis Proses diatas Suporting Business Process (Bisnis Proses Penunjang) dengan background berwana Biru. Dan PT. Macan Jaya - Retail memiliki beberapa Supporting Business :
1. HFA - IT >> HR, Finance / Accounting, ESGRA dan IT
2. Supply Chain Management >> Warehouse & Distribution, Procurement dan Inventory Management
3. Sales & Marketing
4. BUSDEV

Dalam PT. Macan Jaya - Retail juga memperlihatkan Bisnis Proses pada bagian Purchasing, yang mana alur bisnisnya adalah :
Sales & MKT >> SCM DIV >> Accounting & Finance >> Customer >> WHS

Berikut Alur Diagram Business Process Purchasing :



Sayang sekali dalam blog ini tidak dapat kutemui Business Process untuk Warehouse, yang mana itu adalah bagian daripada tugasku dalam kelompok VI, belajar ERP.
Jadi aku akan mencoba untuk menggambarkannya sedikit Alur Diagram Proses pada Warehouse yang mungkin seperti gambar dibawah ini jadinya.

sedikit informasi untuk gambar Alur Diagram Process Warehouse itu aku gambar menggunakan visio drawing 2007. Bisa juga menggunakan Aplikasi Bizagi Modeler yang pernah dibahas pada postinganku di KingArthur3739 (#UPERP8T04C)

Baiklah... selesai sudah.


#tetaptersenyum
Arthur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar