Rabu, 12 Oktober 2016

#UPERP8TO4B ( Install Aplikasi Telegram di HP dan Join Telegram "Odoo Indonesia" )

Hallo para pecinta blogger... jumpa lagi kita disini di blog KingArthur3739

Saat ini aku akan sedikit sharing mengenai pengalamanku menginstall aplikasi Telegram dari HP Android yang aku miliki dan Join kedalam forum Telegram Odoo Indonesia.
Ini adalah juga Tugas kuliahku dalam Mata Kuliah ERP. Tugas ini adalah tugas kedua dari enam tugas yang harus kuselesaikan pada Tugas ke-4.
Gileeee bener yak... Tugas keempat ini semakin menggila... Ada enam tugas berbeda didalamnya.
Apuuuunnn pak... hehehehe...

Baiklah... mari kita mulai menyelesaikan tugas ini dan berbagi pengalaman bagi kerabatku sekalian.

Untuk pertama kali aku akan menyelesaikannya dahulu proses Instalasi Aplikasi Telegram melalui HP Android yang kumiliki.

1. Aku mulai dengan membuka aplikasi Play Store.

2. Ketikkan TELEGRAM pada tab Search Aplikasi, maka kita akan diarahkan kepada tampilan seperti dibawah ini.

3. Klik Aplikasi Telegram untuk memulai proses download dan instalasi.

4. Dan kita akan diminta konfirmasi untuk menerima beberapa persyaratan yang ada seperti gambar dibawah. Lalu klik ACCEPT.

5. Setelah kita klik Accept, maka Proses download Aplikasi dan instalasi pun berjalan.
 proses download aplikasi 

 proses instalasi aplikasi 

6. Setelah aplikasi terinstall, maka tampilannya akan seperti dibawah ini.

Kita bisa langsung membuka aplikasi Telegram dari tampilan diatas dengan klik OPEN. Atau kita dapat juga menutupnya dahulu aplikasi Play Store yang masih terbuka dan lalu membuka aplikasi Telegram dari shortcut  yang ada di menu utama HP kita.

Begitulah proses download dan instalasi Aplikasi Telegram yang telah aku lakukan.

Nah...sekarang mulai kita masuk untuk aktivasi akun aplikasi ini.

1. Untuk pertama kali setelah kita membuka aplikasi Telegram ini, kita akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

2. Dan selanjutnya sebelum kita dapat memulai semuanya, kita diminta untuk mendaftarkan Nomor Henpon yang kita gunakan untuk menggunakan aplikasi Telegram ini.
 
3. Setelah kita isikan nomor Henpon kita, lalu klik tanda centang / checklist pada sudut kanan atas layar HP kita untuk masuk pada proses selanjutnya. Kita akan diminta memasukan kode aktivasi yang telah dikirimkan melalui SMS pada nomor yang telah didaftarkan tadi.

Dan juga biasanya kode aktivasi tersebut langsung bisa terdeteksi dan otomatis terverifikasi oleh aplikasi, selama signal yang ada tidak bermasalah / stabil dalam penggunaannya. Seperti pada gambar dibawah, yang tanpa aku masukkan secara manual kode aktivasi yang terdapat pada SMS yang kita terima, bahkan aku belum membuka SMS yang masuk tersebut, namun aplikasi Telegram langsung memprosesnya.

Sedikit Catatan untuk aktivasi akun Telegram ini
Bagi kita yang bekerja sepertiku ( di lepas pantai / Off Shore ) yang sangat terbatas dan tidak bisa  menggunakan layanan SMS ( Short Message Service ) dari Operator Selular yang kita gunakan, kita  tidak bisa melakukan aktivasi akun kita. Maka proses inipun akan menjadi masalah sampai  Operator Selular kita dapat kembali aktif ( dapat signal ). 
Oleh sebab itu, aku menyarankan agar untuk mengaktifkan akun Telegram ini pada lokasi yang  tepat dan tidak bermasalah dengan terganggunya signal dari Operator Selular kita. 

4. Dan lalu selanjutnya bila kode aplikasi sudah diterima dan dikonfirmasi kita diminta untuk memasukan nama kita sebagai pengguna. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

5. Setelah kita memasukkan nama kita sebagai pengguna, lalu kita klik lagi tanda centang / checklist pada sudut kanan atas layar ponsel kita. Seperti terlihat pada gambar dibawah.

6. Setelah proses diatas semua kita lalui, maka kita akan langsung masuk dalam tampilan chat pada aplikasi Telegram, seperti tampilan gambar dibawah ini.
Terlihat jelas belum ada satupun chat atau percakapan pada tampilan diatas. Ya... memang aku baru memulainya kan... hehehehe...
Okesip... itulah proses aktivasi akun Telegram miliku.

Dan sekarang aku mulai coba Join kedalam forum Odoo-OpenERP Indonesia seperti yang diarahkan oleh pak dosen Agung Terminanto melalui Channel pada aplikasi Telegram di group Teknik Industri Universitas Pancasila 2013, seperti gambar dibawah.

Setelah aku klik link pada gambar diatas ( yang dilingkari merah ), maka aku langsung dibawa masuk kedalam pecakapan group Odoo-OpenERP Indonesia
terlihat diatas informasi yang menyatakan bahwa aku telah bergabung / join kedalam Group Odoo-OpenERP Indonesia dan mendapat sambutan hangat dari Group Butler... hehehehe...

Dan dapat dilihat juga pada Group Directory bahwa aku adalah member dalam Group Odoo-OpenERP Indonesia seperti gambar dibawah. Namaku yang dilingkari merah yak... hehehehe...


Okelah kalo begitu... selesai sudah proses download aplikasi Telegram, instalasi, aktivasi akun, sampai proses Join kedalam Group Odoo-OpenERP Indonesia dan kini selanjutnya akan aku lanjutnya untuk mengetahui lebih dalam mengenai aplikasi Telegram ini.

Okesip...selesai sudah Tugas ke-4B ini. Semoga bermanfaat yak... jangan lupa #tetaptersenyum


Salam,
Arthur



Tidak ada komentar:

Posting Komentar