Jumat, 04 November 2016

#UPERP8T06C (Review Link tentang Salah Satu topik dalam Modul Warehouse Pada Aplikasi Odoo)

Hallo para pembaca sekalian,

Kembali aku akan mencoba menyelesaikan Tugas Mata Kuliah ERP ku.
Tugas ini adalah tugas ke-6C.

Dalam tugas kali ini para Mahasiswa diminta me-review link tentang Modul yang ada dalam aplikasi Odoo. Disini aku kedapatan tugas untuk me-review salah satu topik yang ada dalam Modul Warehouse.

Adapun topik yang akan kutuliskan kali ini adalah mengenai  Estimating Delivery Dates / Estimasi Tanggal Pengiriman  pada Warehouse Management System (WMS) / Sistem Manajemen Pergudangan.

Berikut hasil review tentang  Estimating Delivery Dates  yang diambil dari link dibawah ini :
https://www.erponline.vn/en/documentation/user-manuals/92-warehouse-management/263-estimating-delivery-dates

Estimating Delivery Dates

>> Standard Delivery Time / Waktu Standar Pengiriman

Dalam menentukan waktu pengiriman, kita harus mengetahui 3 hal :

1. Customer Lead Time / Waktu Utama Pelanggan : adalah waktu anda berjanji untuk pelanggan dalam pengiriman. Hal ini sesuai dengan delay rata-rata antara konfirmasi dari pesanan pelanggan dan pengiriman barang jasdi. Hal ini dapat didefinisikan dalam bentuk produk di tab Penjualan. Kali ini akan dipengaruhi oleh Manufacturing Lead Time dan Delivery Lead Time.

2. Manufacturing Lead Time : adalah waktu yang anda butuhkan untuk memproduksi satu unit produk. Jika produk tersebut perlu sub-produk lain, maka manufaktur lain yang berbeda akan dijumlahkan. Hal ini juga dapat didefinisikan dalam bentuk produk di tab Pengadaan.

3. Delivery Lead Time : adalah waktu pemasok anda perlu untuk mengantarkan barang. Penundaan ini dapat didefinisikan dalam bentuk produk di tab Pengadaan di baris terakhir.


>> Schedule Logistic Flows According to MRP1 Rules

MRP adalah Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Perangkat lunak sistem berbasis digunakan untuk mengelola proses manufaktur. Ini adalah sebuah sistem berbasis komputer.


>> Managing Inventory Recociliation

Rekonsiliasi Persediaan melibatkan 2 langkah :

1. Langkah Persediaan Fisik, termasuk mengambil catatan tertulis dan membandingkannya dengan barang yang sebenarnya di gudang perusahaan. Menghitung pruduk usang dan rusak juga merupakan kegiatan rekonsiliasi.

2. Langkah Rekonsiliasi di sisi Akuntansi, mencakup verifikasi bahwa semua pembelian persediaan yang diposting, memasuki penyesuaian dari perhitungan fisik dan menganalisis perbedaan dolar antar bulan, Frekuensi rekonsiliasi tergantung pada ukuran, lokasi dan jenis persediaan dalam operasi perusahaan.


Kita juga dapat membuat atau mengedit laporan dengan OpenOffice, menggunakan modul base_report_designer .
Untuk menambahkan ekstensi untuk OpenOffice, dowload modul tersebut  dan mulai mengkonfigurasi dan jendela baru akan meminta kita untuk Save As file yang berisi ekstensi tersebut.
Setelah kita menyimpan file ekstensi tersebut, mulai OpenOffice dan masuk ke Tools>Extension Manager, kemudian klik Add dan pilih file ekstensi yang telah disimpan tadi. Lalu restart OpenOffice.org dan sekarang kita telah memiliki ekstensi yang telah terinstal.

report creator openoffice
Extension to Create a Report in OpenOffice


OKESIP... demikian hasil review yang yang dapat kutiliskan.
Semoga bermanfaat...


Lhat juga link video tutorial berikut tentang Warehouse Management :
https://www.youtube.com/watch?v=EkcztHYgJ3o
https://www.youtube.com/watch?v=KJ6MMwXBf-g




Salam dan #tetaptersenyum
Arthur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar