Rabu, 09 November 2016

#UPERP8T07A (Membuat Akun DigitalOcean)

Hallo semua... mulai lagi kita dengan tugas-tugas ERP terbaru dari pak dosen Agung Terminanto yang sepertinya semakin kecanggihan ini menurutku... hehehehe... maap yak pak...

Okelah... sekarang ini setiap Mahasiswa diminta untuk membuat akun DigitalOcen (DO) yang mana pada postingan sebelumnya (pada #UPERP8T06A) telah dibahas mengenai apa itu DigitalOcean (DO). Dan saya yakin memang nantinya pasti pak dosen meminta kita untuk membuat akun DO ini. Makanya sebelum tugas ini ada akupun sudah coba membuatnya. Tapi ga selesai sampai jadi aktif akunnya, karena masih harus menggunakan Kartu Kredit (Credit Card) atau dengan kata lain harus berbayar untuk mengaktifkan dan bisa menggunakan akun DigitalOcean ini.

Baeekkklah...disini aku akan memberikan panduan sedikit mengenai proses registrasi aku DigitalOcean ini seperti tugas yang diminta oleh pak dosen.

1. Karena aku sudah mencoba membuat akun sebelum tugas ini diberikan jadi aku akan coba memulainya dari sign up awal melalui https://www.digitalocean.com/

2. Setelah kita masukkan e-mail dan password (yang akan kita gunakan untuk akun DO kita), lalu klik  Create an Account  dan kita akan dibawa masuk ke halaman notifikasi untuk konfirmasi e-mail kita, seperti gambar dibawah ini :

3. Cek e-mail kita yang terdaftar untuk akun DigitalOcean tadi.

4. Setelah kita klik link tersebut, otomatis kita akan dibawa ke halaman berikutnya untuk verifikasi sistem pembayaran kita.


Nah...sampe disini aku selesai dah... hehehehe...
Karena memang dalam penggunaannya kita harus melakukan pembayaran melalui Credit / Debit Card ataupun menggunakan PayPal.

Jadi untuk sementara aku urungkan dulu proses registrasi akun DigitalOcean yang aku buat ini.

Dan juga salah satu alasannya adalah untuk saat ini aku masih belum membutuhkan dan belum bisa banyak mendukung dalam aktifitas pekerjaan yang saat ini sedang aku jalani di Perusahaan tempatku bekerja, jadi aku masih butuh mempertimbangkannya untuk meregistrasikan akun ini. Paling tidak aku mendapat ilmu pengetahuan yang baru dan mengerti apa itu DigitalOcean dan untuk apa kegunaannya.


O iya... pak dosen juga memberikan cara dan saran untuk mendaftarkan dengan Referral akun miliknya dan aku akan coba memberikan sedikit panduannya bagi kita yang mau mendaftar dan meregistrasi akun kita dengan menggunakan Referral akun / link rekomendasi dari beliau.

Adapun kegunaan dan keuntungan dari  Sign up  menggunakan link Referral adalah kita akan mendapatkan Promo Code yang bisa memberikan kita credit sebesar US$10. Lumayan juga lhaa... hehehe...

Disini akan coba ku contohkan dengan  Sign up  melalui link Referral yang diberikan oleh pak dosen.
Berikut ini Referral link nya : https://m.do.co/c/27367023a576

Dalam contoh ini saya mengambil copy-an Print Screen teman, Diskha namanya dan bisa dilihat juga proses dan panduannya di blog miliknya :
http://sailormoon-uperp8.blogspot.co.id/2016_11_01_archive.html

1. Masuk ke link Referral yang diberikan.

2. Sama seperti tahapan registrasi tanpa menggunakan Referral link, setelah kita masukkan e-mail dan password (yang akan kita gunakan untuk akun DO kita), lalu klik  Create an Account  dan kita akan dibawa masuk ke halaman notifikasi untuk konfirmasi e-mail kita, seperti gambar dibawah ini :

3. Check e-mail kita yang terdaftar untuk akun DigitalOcean dan klik link untuk verifikasi seperti cara sebelumnya diatas.


4. Setelah kita klik link tersebuit dalam e-mail konfirmasi tadi, lalu kita dibawa ke halaman verifikasi untuk sistem pembayaran yang akan kita lakukan.
Dalam tahapan no. 4 ini kita bisa melihat perbedaan yang ada antara tidak menggunakan Referral link dengan yang menggunakan Referral link (lihat gambar tahapan no. 4 yang pertama diatas).

5. Setelah kita lengkapi form pengisian diatas jangan lupa kita masukan kode promo / Promo Code yang telah diberikan sebelumnya oleh orang yang telah memberikan link Referral akun miliknya, seperti pak dosen Agung Terminanto yang telah memberikan Promo Code kepada Mahasiswanya.

Dimana lokasi pengisian Promo Code itu ?
Lokasinya ada pada halaman form verifikasi sistem pembayaran tadi (Verification / Billing Info), dibagian paling bawah, seperti gambar dibawah ini :

Dan setelah kita klik  Have a Promo Code , maka akan muncul di layar seperti gambar dibawah ini :
Masukkan kode promo / Promo Code dan klik  Apply Code .

Dan selanjutnya akan tampil halaman yang menyatakan bahwa proses registrasi kita telah berhasil dan kita mulai bisa melanjutkan ke proses selanjutnya.

Baiklah...demikian sekilas panduan membuat aku DigitalOcean yang bisa aku tuliskan disini.
Semoga bermanfaat...


 #tetaptersenyum 
Arthur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar