Selasa, 08 November 2016

#UPERP8UTS05 (Modul Add-Ons "Material Receive Report" pada Odoo)

Kembali lagi bersama ku disini di blog KingArthur3739

Kali ini coba kuselesaikan tugas UTS ERP ku no. 5 (#UPERP8UTS05). Ini adalag tugas terakhir dalam UTS mata kuliah ERP bersama pak dosen Agung Terminanto.
Sebelumnya mohon maaf karena telat mempublish tugas ini.

Kali ini setiap mahasiswa diminta untuk : 
A. Menginstall Modul Add-Ons per setiap Modul dalam kelompok yang ada.
B. Panduan / cara menginstall Modul Add-Ons.
C. Kegunaan Modul Add-Ons yang diinstall.
D. Perbedaan sebelum dan sesudah install Modul Add-Ons.
E. Database yang ada ketika Modul Add-Ons terinstall.

OKESIP... mari kita mulai.


A. Menginstall Modul Add-Ons. 

Disini tugasku adalah menginstall Modul Add-Ons "Material Receive Report". Seperti yang sudah diberikan oleh pak dosen dengan referensi link yang disediakan sebelumnya dalam file excel yang disediakan dalam one drive.
Berikut ini adalah link nya : https://www.odoo.com/apps/modules/8.0/material_receive_report/


Pertama aku coba untuk download Add-Ons yang telah diberikan melalui link yang telah disediakan diatas.
setelah aku diarahkan ke halaman seperti gambar diatas, lalu aku coba untuk langsung mendownloadnya dengan meng-klik  Download for 8.0 series . Dan setelah di klik, lalu langsung diarahkan ke halaman selanjutnya yang menyatakan bahwa link tersebut tidak dapat ditemukan pada server (lihat gambar dibawah).
entah apa yang terjadi dan dimana salahnya.

Dan aku coba juga untuk mendownloadnya melalui database seperti yang disarankan oleh pak dosen (lihat gambar dibawah). Pada saat log in dalam database, pilih tab  setting  dan masuk ke menu  Apps  dan pilih Modul Warehouse Management untuk di update terlebih dahulu.
terlihat pada gambar diatas ada notifikasi Updates (1) dan menurut pak dosen Agung Terminanto itu harus dilakukan terlebih dahulu. Baiklah...coba aku lakukan untuk update yang diminta seperti gambar dibawah ini :

Dan setelah klik  Updates , maka langsung diarahkan ke halaman berikutnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Dan lanjut aku klik Update dan proses update pun berjalan seperti gambar dibawah ini :

Setelah proses selesai, ternyata hasilnya gagal untuk di update dengan notifikasi peringatan yang keluar adalah Module not Found (lihat gambar dibawah).
Telah berkali-kali aku coba dan hasilnya tetap sama.

Lalu aku mencoba untuk update modul Warehouse dengan cara berikutnya, yaitu pilih tab  setting  dan masuk ke menu  Apps  lalu pilih Warehouse Management, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

Setelah di klik Modul Warehouse Management, lalu masuk ke halaman berikutnya dan aku klik update, seperti gambar dibawah :

Gambar dibawah ini adalah proses update yang sedang berlangsung.

Dan setelah proses selesai ternyata tetap saja bermasalah (modul tidak dapat ditemukan oleh aplikasi)

Ya sudahlah... sudah berulang kali aku coba semua cara yang ada untuk mendownload Add-Ons "Material Receive Report" untuk Modul Warehouse, tapi selalu gagal.
Entah apalagi yang harus kulakukan untuk menyelesaikannya.

Kiranya pak dosen dan atau para pembaca dan kerabatku sekalia bisa melihat dan membaca juga tuilisanku ini dan memberikan solusinya agar dapat kuselesaikan tugas UTS ku ini. Karena dalam tugas UTS no. 5 ini memiliki 4 sub-tugas (sub-tugas B sampai dengan E, seperti yang sudah kuutarakan pada awal tulisan ini) lainnya yang berhubungan dengan Modul Add-Ons yang harus terinstall terlebih dahulu.

Baiklah...sekian dulu tugas UTS no. 5 ini yang dapat kutuliskan karena aku tidak dapat melanjutkan lagi ke sub-tugas selanjutnya.

Sebelumnya aku ucapkan terima kasih untuk yang sudi memberikan saran dan masukkannya untuk dapat bantu menyelesaikan masalah ini...


Salam dan #tetaptersenyum :)
Arthur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar