Kamis, 10 November 2016

#UPERP8T07B (Mengakses Modul Odoo dengan Droplet DigitalOcean)

Halloooo para kerabatku sekalian... sehat2 yak semua dan jangan lupa untuk tetap tersenyum :)

Kali ini aku akan menyelesaikan tugas ERP ke-7B (#UPERP8T07A >> Mengakses Modul Odoo per tiap Kelompok belajar yang ada dengan Menggunakan Droplet DigitalOcean yang sebelumnya telah dipersiapkan).
Adapun kelebihannya dengan menggunakan Droplet pada DigitalOcean adalah kita dapat mengakses database Odoo kapan saja dan dimana saja, bahkan dari smarphone juga kita dapat mengaksesnya.

Baiklah mari kita mulai...

1. Pastinya kita diharuskan untuk memiliki akun DigitalOcean yang berbayar itu, yang pernah kita bahas pada tugas ke-7A (#UPERP8T07A >> Membuat Akun DigitalOcean).
Disini salah satu teman kelompokku dari Kelompok VI ( Arya Yamada ) telah membuat akun DigitalOcean untuk bisa dibuatkan Droplet untuk database Odoo Macan Jaya.
Pak dosen Agung Terminanto memberikan keringanan untuk bisa sharing dalam melakukan registrasi akun DigitalOcean. Jadi tidak perlu semua Mahasiswa harus mendaftar dengan harus berbayar. Paling tidak ada satu orang dalam satu kelompok yang telah memiliki akun DigitalOcean.
Iyalah... ga semua juga punya kartu kredit kan yak... hehehehe...

Baiklah...langsung aja, setelah Arya Yamada berhasil registrasi akun DigitalOcean nya dan juga telah men-share link Droplet untuk database Odoo Macan Jaya kedalam kelompok kami sehingga masing-masing anggota kelompok dapat mengaksesnya.
Untuk aplikasi Odoo nya sendiri harus terinstall lebih dahulu kedalam Droplet nya, tapi untuk hal ini telah dibantu juga prosesnya oleh pak dosen untuk mempersiapkan membuatkan Server dan install Odoo nya.

Untuk proses registrasi akun DigitalOcean yang dilakukan temanku Arya Yamada juga bisa dilihat dalam tulisannya di blog miliknya dengan link sebagai berikut :
http://keitarou-uperp8.blogspot.co.id/2016_11_01_archive.html

2. Setelah Arya Yamada men-share link untuk mengakses database Odoo Macan Jaya melalui Droplet barulah aku bisa menyelesaikan tugas ERP ke-7B ini.
Berikut ini adalah link nya : http://188.166.228.5:8069/web/database/selector

Dan setelah klik link tersebut maka akan diarahkan ke halaman berikut dibawah :
Tampilan awal saat masuk ke pilihan database Odoo melalui link Droplet yang telah dibuat

3. Selanjutnya ketikan / pilih database yang akan kita akses melalui Droplet ini dan enter...

4. Setelah berhasil kita pilih dan enter database yang mau kita akses, maka kita akan masuk kedalam halaman berikut :
halaman  log in  database Odoo melalui Droplet link Database Odoo Macan Jaya

5. Masukan e-mail dan password, lalu klik  Log in  dan kita akan dibawa masuk kedalam database.
Tidak ada yang berbeda dari tampilan atau apapun. Hanya database yang awal kita buat dari localhost8069 menjadi hilang. Mungkin nanti dalam postingan berikut akan coba dijelaskan tentang apa yang terjadi mengenai database yang sebelumnya telah dibuat menjadi hilang.

6. Lalu aku lanjut masuk ke Modul Warehouse, yang mana Modul Warehouse adalah bagian dalam tugasku di Kelompok VI (Macan Jaya) pada kelompok belajar ERP ini.

7. Selanjutnya berikut ada beberapa Print Screen tampilan Modul Warehouse saat diakses melalui Droplet link Database Odoo Macan Jaya






















OKESIP... kelar sudah...
Semoga bermanfaat.


 Salam  dan  #tetaptersenyum 
Arthur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar